A. PENGERTIAN MANAJER
Sebelum mengetahui tentang proses manajemen perusahaan, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan manajemen dan manajer.
Manajemen merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan semua sumber daya perusahaan untuk mencapai sasaran organisasi.
Manajer adalah individu yang bertanggung jawab secara langsung untuk memastikan kegiatan dalam sebuah organisasi dijalankan bersama para anggota dari organisasi (Ernie&Kurniawan,2005).
Manajer dibagi dalam beberapa tingkatan :
- Manajer puncak (top manager)
Eksekutif puncak yang jumlahnya sedikit dan bertanggung jawab atas keseluruhan kinerja perusahaan besar. Jabatan meliputi president, vice president, Chief Excecutive Officer (CEO), dan Chief Financial Officer (CFO).
2. Manajer menengah (middle manager)
Manajer yang mengimplementasikan strategi, kebijakan, dan keputusan yang diambil oleh manajer puncak. Jabatan seperti manajer pabrik, manajer operasi, dan manajer divisi.
3. Manajer lini pertama (first-line manager)
Manajer yang bekerja dengan menyelia karyawan yang melapor kepada mereka. Jabatan seperti manajer kantor dan pimpinan kelompok.
Bidang – Bidang Manajemen (Tipe Keahlian Manajerial):
1. Manajer SDM
Merekrut dan melatih karyawan, menilai kinerja, dana menetapkan kompensasi.
2. Manajer Operasi
Bertanggung jawab atas produksi, inventori, dan kendali mutu.
3. Manajer Pemasaran
Bertanggung jawab untuk menyerahkan produk dari produsen ke konsumen
4. Manajer Informasi
Merancang dan mengimplementasikan sistem untuk mengumpulkan, mengorganisasi, dan mendistribusikan informasi.
5. Manajer Finansial:
Mengawasi fungsi akuntansi dan sumber daya keuangan
B. PROSES MANAJEMEN
Proses manajemen dalam suatu perusahaan / organisasi terdiri dari beberapa tahapan, yaitu :
1. Perencanaan
Menetapkan apa yang harus dilakukan perusahaan dan cara terbaik melakukannya.
Sasaran Jangka Pendek (<1 tahun)
Sasaran Jangka Menegah (1-5 tahun)
Sasaran Jangka Panjang (5 tahun)
2. Pengorganisasian
Proses menata sumber daya dan kegiatan menjadi struktur yang logis.
3. Pengarahan
Seorang manajer memandu dan memotivasi karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan
4. Pengawasan
Proses memantau kinerja perusahaan untuk menjamin perusahaan mencapai sasarannya
Untuk mempelajari lebih detail tentang manajemen perusahaan, mulai dari Pengertian Manajer, Penetapan Formulasi Strategi, Tipe Manajer, Keterampilan Utama Manajemen, dll. Download Manajemen Perusahaan
peroses manajemen dalam perusahaan itu apa?
saya meminta degan jelas prosesnya dan pegaertiannya di dalam peroses manajemen dalam perusahaan. tx.Q
Lebih lengkapnya silahkan download file yang sudah saya sediakan…Namun, secara umum, semua proses manajemen sudah saya cantumkan di atas.. ^_^
Wah.. gambaran umum mengenani management yang bagus.
Ada referensi buku manajemen yang bagus ga? Buku dalam atau luar negeri boleh.
Makasi.. 🙂
Sebelumnya kalau boleh tahu..Management yang dimaksud manajemen proyek atau manajemen perusahaan, atau manajemen organisasi??
knpa informasix hx sdkit..
Karena informasi selengkapnya ada pada file ppt yang telah saya unggah 🙂
terimakasih atas infonya, sangat membantu
sama – sama ^_^
apa yang di maksud dengan mis manajemen,,?
mohon maaf, dapat diperjelas maksud pertanyaannya?
terimah kasih atas infonya yang saya telah dapat , tapi yang lainnya dimana
sudah di cek di ppt? sepertinya di situ sudah saya lengkapi 🙂
mas bgaimana cra’y spya pham tntng manajemen, saya pngen pham tntang mnajeman, btw soal’y saya kliah ngmbil jrusan manajemen
Hehhe, saya perempuan kok dipanggil mas?? Hehehe..
Anyway, untuk paham itu saya mendengarkan perkuliahan, membaca buku manajemen organisasi, lalu mempraktekkannya dalam organisasi yang saya ikuti, sehingga gap antara teori dan praktek dapat saya ketahui.. Begitu 🙂
gbsa dimdownload, fileny udh dihapus.. gmn?
nice info..
titip & share http://psikotessesuatu.wordpress.com/2012/11/26/cara-yang-biasa-dilakukan-untuk-remotivasi-karyawan/
Saya sebagai manager perusahaan baru tentunya masih dangkal adanya ilmu manajemen.terima kasih atas info nya
manegmen..yg plg baik.atau…efektive,utk usah oemula bagamana kh cara nya dlm hal memimpin suatu perusahaan..
Saya pernah mendengar bahwa dalam perusahaan itu teerdapat 5 proses yang biasanya digambarkan dalam flowchart pada saat pengkonsepan. Bole tolong dijelaskan, jika ada link artikel juga sudah cukup memadai. Terima kasih sebelumnya.
Bisa diperjelas lagi, flowchart yang seperti apa yang dimaksud?