Metamorfosisku


Dilahirkan dari rahim wanita suci nan mulia…. Besar dalam keluarga yang sederhana…. Menjadi kebanggaan orang tua walaupun terkadang merepotkan mereka….

Gadis kecil itu mulai belajar mendekatkan diri kepada Penguasa Alam lewat suara kecil yang mengungkapkan do’a.. Gerakan – gerakan tubuh kecilnya mengagungkan Zat Yang Maha Agung.. Dalam senandung ia sanjung lelaki idola sepanjang masa… Gerakan tangan mungilnya menunjuk tulisan nan indah, diiringi dengan suaranya melafalkan firman – firman Yang Maha Suci.

Sampai akhirnya ia tuntaskan bacaannya yang diiringi do’a orang – orang yang duduk di sekitarnya, “Alhamdulillah, aku khatam Al Quran”.. Itulah kalimat yang diungkapkan oleh gadis berusia 12 tahun itu. Setelah perjuangannya menghadapi hujan deras, angin malam, jarak yang jauh, serta sunyinya malam.. Pelan namun pasti… Tetes air mata bahagia mengalir dari pipinya yang memiliki lesung…

Pada sebuah pertemuan di masjid, ia mengenal seseorang yang ternyata menjadi lilin penerang ilmunya yang masih gelap. Seseorang tersebut terus mengobarkan api yang kadang hampir padam terkena bidikan angin malam…Di tengah sahabat – sahabat nya yang lebih tua, gadis yang baru menginjak kelas 6 itu mempelajari Tajwid, Fiqih, Tauhid, Akhlak, setiap 5 hari dalam seminggu.

Sampai akhirnya,…. penyulut api lilin itu meninggalkannya dalam kegelapan. Air mata pun menetes kembali, bukan karena bahagia, namun karena sedih. Kesedihan itu masih terasa hingga sekarang. Waktu telah mengubahnya, atau mungkin ia sendiri yang kehilangan jati dirinya. Rasa nyaman di sepertiga malam terakhir tidak lagi dirasakannya saat ini. Bahkan, dialog ketika matahari sepenggalah naik pun sudah jarang dia lakukan….

Dalam suatu malam ia menangis.. Menangis karena belum bisa mengembalikan pribadinya..

Rasanya sudah terlalu jauh aku berjalan tanpa menoleh ke belakang, padahal di sana perjuanganku sangat panjang untuk menjadi “NUR KHASANAH”…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s