Road To PIMNAS

PKM – Program Kreativitas Mahasiswa

Merupakan program yang diadakan oleh DIKTI dengan 5 bidang NON GT, yaitu PKM Pengabdian masyarakat (PKMM), Penelitian (PKM-P), Karsa Cipta (PKM-KC), Penerapan teknologi (PKM-T), dan Kewirausahaan (PKM-K).

Pengumpulan PKM

Pengumpulan PKM mengumpulkan 6 proposal, PKMKC 2 (SIBARA + Place For U), PKMM 4 (Wayang Card, BUSTER, IT Training, E-Body). Eits, jangan lah dikatakan wow…Karena dari 6, totalitas saya pada 3 PKM saja. Alhasil, hanya 4 PKM yang berhasil didanai DIKTI. Karena merasa berat untuk menjalankan 4, akhirnya saya lepaskan 1 PKM. Sehingga total 3 PKM yang saya jalankan.

MONEV DIKTI

Dengan 3 PKM, monev dikti terasa lumayan berat😦

1. Wayang Card –> mendapat apresiasi yang sangat tinggi dari juri🙂 . dan betapa saya juga kagum dengan presentasi M.Dhanar yang waaawww… Structured and Measurable !!

2. Place For U –>Presentasi yang bagus namun dengan komentar datar dari reviewer. Sempat mematahkan semangat

3. SIBARA –> Percaya diri saja dengan presentasi diri sendiri. Alhasil nilai sempurna didapatkan. Ya, 700 poin untuk SIBARA. Sangat berharap SIBARA lolos PIMNAS karena usaha yang kami lakukan maksimal. Mulai dengan konflik intern tim, yang harus mengorbankan kuliah demi urusan uji coba aplikasi mendapat kritikan yang sangat membangun dari calon pengguna, sampai mbuletitasi program. Namun, tidak LOLOS PIMNAS semakin menyadarkan ku akan kuasa ilahi. “Yang terbaik bagi kita, bukan berarti terbaik bagi Allah. Dan diantara 2 kebaikan tersebut, sudah pastilah kebaikan Allah yang menjadi penentu. Kun Fa Ya Kun. Ketidak lolosan itu pasti ada hikmahnya. Dan memang benar, saya menjadi lebih fokus dengan akademik saya yang sudah mencapai ujung angka 6. Selain itu, persiapan PIMNAS untuk PKM lain menjadi lebih fokus.

Walaupun dalam hati masih tersibak kekecewaan, namun apalah daya hamba🙂

Pengumuman PIMNAS

Pengumuman pun tiba. Hanya 1 yang ada pada daftar peserta PIMNAS 2012 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Mana lagi kalau bukan Virtual Wayang Card Game dengan ketua Umar Affandi. Namun, itu adalah karunia dari Allah SWT yang pasti ada maksud dibaliknya. Tidak mungkin Allah SWT meloloskan saya dan tim ke PIMNAs tanpa ada tujuannya.

Apa sajakah yang terjadi dibalik PKMM Virtual Wayang Card Game ??? Dan bagaimanakah proses menuju PIMNAS sampai ITS menjadi juara 3???

Just continue to read another post ^_^

Inti dari tulisan ini adalah bagaimanapun kerasnya usaha kita, Allah lah yang menentukan. Namun, untuk mencapai kesuksesan butuh effort yang besar pula, karena Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum kecuali dia sendiri yang merubahnya. Yang dimaksud dirubah di sini adalah takdir – takdir yang memang bisa dirubah dengan usaha kita. Mungkin termasuk serangkaian PKM ini🙂

Keyword : Niat, Ikhtiar, Tawakkal, Tadabur🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s