40 SOSOK Paling Berpengaruh dalam Hidupku (part 1)

1. SUMARSIH (IBUKU)
Mengandungku selama 9 bulan, melahirkanku ke dunia, mengajarkanku mencerna & mengucapkan kata – kata, berjalan, memandikanku, merawatku sejak dalam kandungan, bahkan mendoakanku sebelum aku ada dalam kandungannya. Dan yang paling membuatku bersyukur adalah beliau yang pertama kali mengenalkanku pada ISLAM dengan membacakan ku QS. MARYAM secara istiqomah serta mengundang orang – orang mengkhatamkan Al-Quran di rumah saat aku masih dalam kandungannya. Walaupun sayangnya lupa meminta ayahku untuk mengumandangkan adzan saat pertama kali aku melihat dunia.

Kata – kata apa lagi yang dapat membuatku mengungkapkan betapa besarnya kebaikannya padaku. Beliau adalah orang yang paling berpengaruh di antara yang 40 orang yang paling berpengaruh yang akan saya sebutkan dalam tulisan saya ini.

Secara fisik mungkin banyak yang berbeda antara aku dan ibuku. Bahkan aku merasa hanya lesung pipi yang diwariskannya pada fisikku. Namun secara psikis, woooo.. beliau berpengaruh sekali. Kerja keras, tidak banyak mengeluh, disiplin waktu, keras kepala, pantang menyerah, pintar, suka menghitung, penuh pertimbangan, agak ribet untuk urusan – urusan tertentu, penyayang, dan masih banyak lagi sifatnya yang menurun padaku.

2. MU’ALIM (AYAHKU)
DSC00456Dengan melihatku, orang pasti bisa melihat ayahku. Baik fisik maupun psikis, ayahku mendominasi diriku. Alis, mata, hidung, tulang pipi, tinggi badan, kumis, semua sekitar 80% mirip (20% berbeda karena usia dan jenis kelamin kami berbeda  ).

Sungguh laki – laki yang paling kuidolakan setelah Muhammad SAW. Sifatnya yang keras, kasar, penyayang sekali, disiplin, tegas, kompetitif namun bijaksana, emosional, empati, bertanggung jawab, dan masih banyak lagi yang diwariskan padaku.

Banyak yang bilang aku lebih dekat dengan ayah daripada ibu dan itu memang benar. Sejak kecil aku memang lebih senang jalan – jalan dengan ayah (dengan alasan selalu dibelikan es krim, kalau sama ibu mah ngga boleh😀 )

Sosok ayah ini sangatlah terkenang. Penopang hidup keluarga, setia mengantarkanku kemana – mana, sama sekali tidak mengeluh cape katas keringat yang dikucurkannya untuk ku, ibu, dan adikku. Selalu berusaha menjadi yang terbaik untuk kami. Memikirkan kami baru memikirkan dirinya sendiri.

Melihatnya tidak selincah dan segesit dulu, tidak menggodaku lagi seperti dulu, tidak memarahi atau sekedar menasihatiku, membuatku selalu berlinang air mata. Ayah. Cepatlah sembuh dan kembalilah menyayangiku seperti dulu 

3. M. SAIFUDIN (ADIKKU)

Panggilannya UDIN. Si bocah satu ini membuatku berpengalaman kabur dari rumah selama semalaman (kabur ke rumah paman yang jaraknya hanya 4 rumah dengan rumahku😀 ). Dulu waktu aku masih kecil (sekitar 7-9 tahun) aku sering cemburu dengannya dan merasa orang tuaku pilih kasih, hanya membela dia dan sudah tidak sayang lagi padaku. Itu membuatku selalu menjahili si UDIN ini.

Beranjak besar, masa kecil dulu sering jadi guyonan akhirnya🙂 . Kami sudah sama – sama besar sekarang. Dia lebih tinggi dariku. Dia sangat berpengaruh padaku, karena membuatku bertanggung jawab sebagai kakak. Mengubah pikiranku yang semula ingin menjadi seorang dosen yang mencetak mahasiswa berprestasi, namun sekarang memutuskan untuk bekerja agar dapat membantu sekolahnya, dan tentunya membantu orang tuaku juga.

Me, mother, and brother

4. B.SUNARMI & B.RODIYAH (GURU TK)
Bagiku, guru TK adalah guru penentu utama masa depan seorang anak manusia. Mereka yang pertama kali menuntunku di sekolah. Sabar mengajarkanku menulis, menghitung, menggambar, mewarnai, bernyanyi, senam, menelusuri alam, berteman, bermain teater, dan sampai aku tidak dapat mengeluarkan kata – kata untuk mengungkapkan bahwa mereka lah tonggak sejarah pendidikanku dan masa depanku.

Bu Sunarmi yang keras dan tegas membuatku keluar dari zona nyaman dan mengerti bahwa dunia pendidikan tidak hanya dikelilingi oleh guru – guru yang lemah lembut, pasti ada yang killer dan lebih darinya. Sedangkan bu Rodiyah dengan kesabarannya membuatku memiliki pandangan bahwa sosok guru seperti itulah yang baik.

One response to “40 SOSOK Paling Berpengaruh dalam Hidupku (part 1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s