Perencanaan Strategis Sistem Informasi

Perencanaan Strategis Sistem Informasi merupakan salah satu mata kuliah dengan 3 SKS yang saya ambil ketika kuliah di Jurusan Sistem Informasi ITS.  Sesuai dengan namanya, tugas besar (final project) yang diberikan di mata kuliah ini adalah membuat rencana strategis pengembangan sistem informasi pada suatu instansi / perusahaan. Saya bersama kelompok mengambil studi kasus UPT Bahasa ITS (atau yang dikenal dengan CLC-ITS) saat itu karena pertimbangan kemudahan mencari data dan informasi sebagai bahan analisis.

Tugas besar tersebut tentunya diselesaikan secara bertahap dalam waktu 1 semester. Tahapannya sesuai metode perencanaan strategis yang diadaptasi dan ditentukan oleh dosen pengampu mata kuliah kami. Adapun tahapannya adalah analisis kondisi eksisting bisnis, analisis kondisi eksisting SI/TI, analisis kondisi akan datang SI/TI, dan yang terakhir adalah portofolio sistem informasi yang akan dibangun.

A. Analisis Kondisi Eksisting Bisnis

Pada tahapan ini yang saya dan tim adalah lakukan peninjauan lapangan alias company visit untuk mengetahui bisnis dari CLC-ITS, mulai visi, misi, struktur organisasi, proses bisnis, layanan, tata kelola, rencana jangka panjang, dan juga rangkuman bisnis objektifnya. Selain itu juga juga kami lakukan wawancara  terkait hubungan bisnis CLC-ITS dengan politik, ekonomi, sosial, dan juga teknologi.  Hasil peninjauan lapangan dan wawancara kami analisis untuk selanjutnya menjadi dasar perencanaan strategis SI/TI di masa yang akan datang.

B. Analisis Kondisi Eksisting SI/TI

Sebelum merumuskan strategi terkait pengembangan SI/TI di masa yang akan datang, tentunya dibutuhkan analisis kondisi SI/TI saat ini sebagai bahan pertimbangan. Oleh karena itu, setelah wawancara terkait bisnis CLC-ITS, selanjutnya wawancara difokuskan pada implementasi SI/TI pada proses bisnis CLC-ITS, baik yang implementasi secara core maupun support.

Analisis yang dilakukan antara lain :

  • Portofolio aplikasi SI/TI yang telah digunakan di CLC-ITS
  • Arsitektur Sistem Informasi saat ini yaitu terkait manajemen database sistem informasi yang ada
  • Arsitektur informasi, yaitu terkait dengan hak akses (CRUD) pada tiap database sistem informasi yang ada, dan arsitektur aplikasi lainnya
  • Arsitektur infrastruktur, yaitu terkait jaringan dan spesifikasi infrasruktur teknologi informasi
  • Struktur organisasi pengelolaan SI/TI
  • Kondisi SDM bidang teknologi informasi
  • Serta perkembangan teknologi informasi saat ini

 

C. Analisis Kondisi Eksisting SI/TI

Pada tahapan ini, kami melakukan analisis SWOT dan Balance Score Card berdasarkan hasil analisis / temuan di tahap A, B, C. Analisis SWOT dilakukan untuk aspek manajemen, sistem informasi, dan teknologi informasi.

Sedangkan balance score card kami lakukan untuk aspek customer, financial, internal business process, dan learning and growth.

 

D. Portofolio Aplikasi

Nah, di sinilah inti dari perencanaan strategis sistem informasi, yaitu menjelaskan apa saja rencana sistem informasi / teknologi informasi yang akan dikembangkan selanjutnya berdasarkan analisis – analisis dari tahap A, B, C, dan D.

Di tahap ini, kami menjelaskan rekomendasi aplikasi yang dapat dikembangkan oleh CLC-ITS besertan alasan rekomendasi tersebut. Aplikasi – aplikasi tersebut juga kami kategorikan ke dalam kategori High Potential (aplikasi yang memiki potensi tinggi sebagai core dari proses bisnis CLC-ITS), Strategic Application (aplikasi yang fungsinya strategis terhadap proses bisnis CLC-ITS), Key Operational Application (aplikasi yang digunakan misalnya untuk keperluan administrasi / operasional sehari – hari), dan Support Application (aplikasi penunjang proses bisnis).

 

Hasil dari perencanaan strategis sistem informasi tersebut dapat dilihat di file berikut ini (kebetulan formatnya presentation-based sesuai instruksi dosen pengampu) : Contoh dokumen perencanaan strategis sistem infomasi.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s